Stamina Psikologis LGO4D Marga Sunda Terberkas Rekan bisnis Nilai Agama dan Budaya

Wiki Article

Kompleksitas perkara marga berpotensi melemahkan institusi suku seandainya fondasi kuasa negara. Kajian-kajian kekebalan psikologis marga yang sesuai dengan konteks marga Asia tidak selengkapnya terepresentasikan dalam teori dari negara Barat.

Ulasan ketahanan psikologis agen lgo4d bangsa di Asia serta tengah kurang dan Indonesia dengan keragaman bangsa menjadi entitas menarik untuk ditelaah. Marga Sunda adalah bangsa terbesar ke-2 di Indonesia yang dominan beruang di Jawa Barat. Saat ini, Jawa Barat memiliki tingkat talak terkenal di Indonesia.

Meski mengangkat berbagai konsekuensi sosial seperti stigma bagi sebanyak janda, data Badan Udel Statistik memperlihatkan angka perpisahan di Indonesia fluktuatif mengarah pada peningkatan dalam 5 tahun terakhir. Pada tahun 2017 tersedia 374,516 pertanyaan Talak tahun 2018 sebayak 408,202 Urusan 439,002 di tahun 2019, 291,677 pertanyaan di tahun 2020, dan 447,743 pada tahun 2021.

Alhasil kupasan yang hamba lakukan berujud untuk menyelami rencana dan dinamika energi psikologis marga Sunda dengan memanfaatkan pendekatan kualitatif dan desain multi Trick ujar Yunita Sari, S.Psi., M.Psi di Fakultas Psikologi UGM, Selasa (24/1).

Dosen Fakultas Psikologi Universitas Islam Bandung menyatakan hal itu saat memilih (jurusan) ujian galib program doktor. Menyundut subjek Rencana dan Dinamika Stamina Psikologis Kelompok Sunda, Yunita dalam memperkukuh disertasinya didampingin promotor, Prof. Dr. Tina Afiatin dan ko-promotor, Prof. Dr. Subandi, M.A., Ph.D.

Yunita membahasakan studi yang ia lakukan terdiri dari tiga tahap Penjelasan Menuntut ilmu pertama, berniat mencebak gagasan ketegaran psikologis bangsa Sunda lewat peninjauan kualitatif pada 286 partisipan dari keluarga Sunda utuh dan cerai di wilayah Bandung Raya.

Menuntut ilmu Kedua berujud untuk memahami dinamika kekuatan psikologis suku Sunda melalui pengalaman kelompok utuh dan cerai dengan muslihat fenomenologi. Data diperoleh dengan wawancara mendalam pada 7 (tujuh) bangsa Sunda utuh dan 5 (lima) suku Sunda cerai. Ke3 proses pembauran bermaksud untuk berbuat teoretisasi temuan menggali ilmu pertama dan Kedua menentukan jalan sintesis interpretatif (grounded theory).

Rakitan penelitian menampilkan ketabahan psikologis suku Sunda LINK ALTERNATIF LGO4D adalah situasi sauyunan (harmoni) yang diperoleh dari adanya prinsip sineger tengah Keseimbangan celah implementasi moral agama darigama dan tali paranti, rekahan pengesahan kawan kerja bangsa inti, keluarga besar dan wilayah bersahabat yang difasilitasi dengan leuleus liat (fleksibilitas) secara Kontinuitas paparnya di hadapan tim penguji.

Jelasnya tersedia lima perihal yang turut berperan menangani ketahanan psikologis kelompok Sunda yang berbentuk kontinum dan memperkokoh leuleus liat Ialah internalisasi nilai-nilai di dalam Kelompok kemandirian dan Kecanduan keterbukaan dan komunikasi, kontinuitas belajar dan mengubah diri serta pertemanan dan alam Bersahabat Oleh Akhirnya dalam komentar ini menyabet rencana marga bagi orang Sunda yang memiliki varietas dengan gagasan nuclear family dan extended family dari negara Barat.

Bagi masyarakat Sunda, konsep kelompok terdiri dari dulur dan baraya. Dulur yaitu orang terdekat dengan ego(diri) yaitu orang tua dan saudara kandung melainkan baraya yakni semua orang yang memiliki wasilah kekerabatan.

Dulur mengacu pada saudara kandung ego (diri), orang tua ego (diri) meski ego (diri) telah menikah maka terdiri dari kakek-nenek, anak dan cucu. Hal ini berbeda dengan masyarakat pada umumnya yang berfokus pada ide Barat dengan menetapkan terminologi nuclear family atau keluarga inti yang mengacu pada ayah, ibu dan anak serta extended family atau kelompok besar yang mengacu pada bangsa sedarah seperti kakek-nenek, sepupu, bibi-paman.

“Adanya metamorfosis situasi bersahabat yang mengarah pada sifat yang berfokus pada nuclear family (ayah, ibu dan anak) mengeruhkan ide bangsa Sunda yang berfokus pada dulur sudah ego (diri) menikah atau melatih bangsa baru. Untuk itu, temuan darurat dalam kupasan ini menunjukkan kegigihan psikologis keluarga Sunda tergiring dengan mitra serta moral agama dan budaya,” ungkapnya.

Yunita mengesahkan penyigian ini ialah pemeriksaan awal yang tinggal perlu dikembangkan lebih lanjut. Dalam teknik syarah ini, terdapat beberapa keterbatasan yang mungkin bisa menjadi tulisan bagi komentar berikutnya.

Beberapa keterbatasan tersimpul celah lain yaitu gangguan mendapat partisipan dari keluarga cerai. Hal ini sebab informasi tercantol bangsa cerai tidak selalu terdokumentasi di tingkat kelurahan/desa dan tidak semua kelompok cerai mau untuk terlibat dalam Telaah.

Report this wiki page